Pentingnya Mempelajari Whitepaper Sebelum Bergabung dalam Initial Coin Offering (ICO)

Sebelum bergabung dalam ICO apapun, pastikan Anda mempelajari whitepaper nya terlebih dahulu. Mempelajari whitepaper ICO tersebut sangat penting supaya Anda dapat membuat keputusan yang tepat. Hal ini karena ada banyak proyek ICO di pasaran, sehingga tidak boleh sembarangan atau asal dalam bergabung ICO tertentu.

Seperti yang diketahui, proyek penipuan akan selalu ada dalam ruang cryptocurrency. Siapapun bisa saja menjadi korban penipuan, jika tidak berhati-hati dan tak melakukan analisis sebelumnya. Dengan membaca whitepaper terlebih dahulu, Anda bisa memahami apakah proyek tersebut asli dan aman untuk Anda investasikan.

Pentingnya Whitepaper

Apa yang Harus Diperhatikan Saat Membaca WhitePaper?

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat membaca dan mempelajari whitepaper, salah satunya sebagai berikut:

1. Tujuan dan Fungsi Proyek

Whitepaper harus mengungkapkan tujuan dan fungsi utama dari proyek tertentu. Whitepaper ibarat wajah proyek. Tim di belakang proyek pasti melakukan yang terbaik untuk membuat dokumen yang jelas dan mudah dipahami. Jika penjelasannya tidak jelas, ini menjadi tanda bahaya bahwa proyek tidak memiliki tujuan khusus dan mungkin tidak memiliki nilai atau tujuan nyata.

Baca Juga: Kenali Plus Minus Staking Aset Kripto

2. Masalah yang Dipecahkan

Proyek cryptocurrency harus menjelaskan mengapa itu dibuat. Selain itu, Anda juga harus mengetahui masalah apa yang dipecahkannya? Periksa argumen dengan cermat untuk memahami ruang lingkup masalah yang sebenarnya. Lakukan riset dan gunakan sumber daya lain jika diperlukan.

3. Cara Memecahkan Masalah

Setelah mengetahui apa masalah yang dapat dipecahkan, selanjutnya cari tahulah bagaimana tepatnya proyek ini bertujuan untuk menyelesaikannya.. Biasanya, bagian yang satu ini lebih teknis karena menjelaskan bagaimana teknologi di balik proyek dapat membantu mencapai tujuan utamanya.

4. Ekonomi Token

Hal yang tak kalah penting adalah mempelajari ekonomi token proyek cryptocurrency. Ini menjelaskan peran token apa yang dimainkan dalam bisnis proyek tertentu dan potensi pertumbuhannya. Adanya informasi ekonomi token memungkinkan Anda untuk memahami nilai token di masa mendatang. Ketahui beberapa hal penting yang termasuk dalam ekonomi token, berikut ini:

  • Utilitas Token

Semakin jelas fitur utilitas yang dimiliki token, semakin berharga nilainya. Banyak trader membeli kripto sebagai investasi dan berharap nilainya akan meningkat. Biasanya, whitepaper yang bagus adalah ketika berisi argumen yang memotivasi mereka untuk memegang token dalam portofolio jangka panjang mereka. Jika tidak ada ekspektasi terkait token, itu akan menjadi aset spekulatif murni dan pengguna akan menjatuhkannya segera setelah harga turun.

  • Pasokan Token

Faktor lain yang sangat penting untuk harga token adalah pasokan. Apakah terbatas atau tidak terbatas? Token dengan persediaan terbatas akan mengarah pada pertumbuhan harga. Sementara itu, token yang memiliki persediaan tidak terbatas akan kehilangan nilainya saat arus baru memasuki pasar.

  • Alokasi Token

Evaluasi bagian mana dari semua token yang menjadi milik pendiri proyek dan tim mereka. Berapa banyak dana yang bersedia mereka investasikan untuk mengembangkan proyek mereka lebih lanjut? Hati-hati dengan proyek, yang timnya (pendiri, penasihat) menyimpan lebih banyak untuk diri mereka sendiri daripada yang mereka keluarkan untuk pengembangan proyek.

  • Daftar Token

Ketahuilah token diperdagangkan di bursa mana saja. Berapa volume perdagangan tokennya? Semakin besar volumenya dan lebih likuid dalam bursa cryptocurrency, maka semakin mudah juga untuk membeli dan menjual token tanpa perbedaan harga yang besar.

5. Peta Jalan

Singkatnya, peta jalan adalah ringkasan pengembangan proyek. Ini mengungkapkan rencana jangka pendek dan jangka panjang pada garis waktu kapan mereka dapat diharapkan untuk dicapai. Peta jalan menjadi fitur penting yang membantu untuk memantau evolusi proyek, sehingga memungkinkan seseorang untuk menetapkan harapan yang realistis.

6. Tim 

Faktor terakhir yang penting untuk dipertimbangkan adalah orang-orang di balik proyek. Siapa pendiri, karyawan, dan penasehatnya? Keterampilan dan pengalaman apa yang mereka bawa ke dalam proyek? Apakah relevan dengan proyek yang sedang mereka kerjakan? dan bagaimana reputasi umum mereka?

Ruang cryptocurrency penuh dengan scammers yang menggunakan “nama besar” dan biografi palsu untuk mempromosikan proyek mereka. Oleh sebab itu, Anda perlu memeriksa LinkedIn dan profil media sosial mereka lainnya. Hal ini bertujuan supaya Anda tahu bahwa proyek cryptocurrency tersebut benar-benar asli, aman, terpercaya, dan dibangun oleh tim profesional.

Baca Juga: Apa itu Whitepaper?

Nah, itulah informasi seputar whitepaper dan pentingnya mempelajari whitepaper sebelum bergabung dalam ICO.

Leave a Reply