Investasi Aset Digital Patut Dicoba,Simak Hal-Hal yang harus diperhatikan!

Apakah Anda sedang rajin-rajinnya belajar mengenai investasi aset digital? Pondasinya dimulai dari belajar investasi cryptocurrency dan cara mudah jual beli cryptocurrency.

Jika sudah memahami, maka Anda bisa lanjutkan ke prospek aset digital di Indonesia. Karena bagaimanapun, meski kelihatannya sangat menggiurkan tapi jika tidak jangka panjang, Anda malah rugi bukan?

Baca : Belajar Investasi Cryptocurrency, Ternyata Mudah Kok

Namun satu dari banyak poin yang membuat aset cryptocurrency itu potensial dan menjanjikan adalah tidak rentan terhadap tekanan politik dan ekonomi.

Source: Freepik.com/rawpixel.com

Berbeda dengan saham, aset cryptocurrency juga memiliki pergerakan dinamis di setiap produknya. Tergantung seberapa banyak yang membeli aset suatu produk cryptocurrency.

Nah jika sudah mantap untuk memulai investasi aset digital, khususnya cryptocurrency. Kali ini mari kita bahas mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membangun investasi aset digital. Beberapa poin terlihat sepele, tapi justru itulah kuncinya. Sudah siap belajar lebih dalam?

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam investasi aset digital Cryptocurrency

Prospek investasi aset digital di Indonesia yang semakin mengkilap. Anda harus segera mencoba dan ambil bagian untuk berinvestasi aset digital. Bagi yang masih pemula dalam investasi aset digital sangat baik jika memulai berinvestasi aset cryptocurrency. Kali ini kita akan membahas tentang hal-hal yang harus diperhatikan untuk memulai berinvestasi aset cryptocurrency :

1.  Persiapkan Segala Kemungkinan Saat Berinvestasi

Investasi aset cryptocurrency seperti Bitcoin memiliki kemungkinan dan risiko yang tak terduga. Hal ini dikarenakan aset cryptocurrency sangat fluktuatif karena dipengaruhi demand dan supply. Anda harus mempersiapkan segala kemungkinan saat berinvestasi di aset cryptocurrency. 

Source: Freepik.com

Contohnya adalah: naik turunnya nilai tukar cryptocurrency ke fiat. Oleh sebab itu, disarankan investasi aset cryptocurrency menggunakan uang yang Anda sudah siap untuk kehilangan uang tersebut. Prinsip sederhana namun penting, yang juga berguna untuk instrumen investasi lain.

2. Memilih Platform Investasi Aset Digital

Pada tahun 2018, ada total 1800 cryptocurrency dan mungkin angka ini akan terus tumbuh seiring semakin populernya aset digital satu ini. Investasi aset cryptocurrency sudah mulai memiliki legalitas, contohnya di Korea Selatan yang pemerintahnya telah mengesahkan aset cryptocurrency sebagai salah satu produk investasi.

Di Indonesia sudah banyak platform investasi aset cryptocurrency, salah satunya adalah Coinjoss. Terlebih lagi banyak layanan yang ditawarkan Coinjoss untuk memfasilitasi Anda untuk berinvestasi aset cryptocurrency, contohnya quick trade, OTC dan hybrid exchange. OTC adalah salah satu layanan yang bisa dicoba untuk memulai investasi aset cryptocurrency.

Source: Freepik.com/drobotdean

OTC (Over the Counter) merupakan salah satu fitur Coinjoss, dimana trading aset digital dapat berupa crypto-ke-crypto (menukar Bitcoin dengan ether misalnya) atau Fiat-ke-Crypto (menukar Rupiah untuk Bitcoin dan sebaliknya). Hal ini dapat dilakukan dengan broker freelance atau platform terpercaya seperti Coinjoss, yang menyediakan trading desk.

Dengan OTC, Anda bisa mendapatkan profit yang lebih besar karena proses jual beli aset cryptocurrency dilakukan dengan proses tawar menawar dengan broker

3.     Persiapkan Banyak Strategi Investasi

Sebagai seorang investor, strategi adalah hal yang perlu dipersiapkan. Salah satu contohnya adalah penggunaan strategi spekulasi sederhana banyak dilakukan, dengan cara membeli saat harga rendah dan menjual ketika harga tinggi. 

Namun menurut Michiel Lescrauwaet yang merupakan pakar aset cryptocurrency, memanfaatkan bull and bear market bukanlah strategi yang mudah. Salah satu indikator yang ia gunakan adalah Bitcoin Relative Unrealized Profit/Loss (Rugi Laba Tidak Terealisasi Bitcoin) yang menghitung cuan di atas kertas para investor Bitcoin. 

Source: Freepik.com/katemangostar

Menurut indikator ini, jika keuntungan mencapai 80 persen, pasar cenderung jatuh, dan saat ini pasar kripto berada di bilangan 40 persen sehingga bisa meningkat di kemudian hari.

Strategi analisis teknikal dan fundamental penting dilakukan untuk mendatangkan keuntungan yang optimal. Lebih lanjut, apa itu analisis teknikal? Yaitu pemantauan harga yang sudah tersaji di chart. Para teknikalis (chartist) menggunakan pendekatan praktis yang mendeteksi data historis pada grafik harga, dengan berbagai macam tool analisa untuk mendapatkan pemahaman dan prediksi yang lebih baik. 

Dengan mengaplikasikan analisa teknikal, Anda bisa mengetahui arah tren, sentimen pasar, serta level-level kunci yang menjadi batas pergerakan penting harga.

Bagaimana dengan analisis fundamental? Fungsinya adalah untuk mengetahui tentang dasar-dasar ekonomi, neraca, laporan laba rugi, dll. Lebih dalam lagi, mengetahui tentang keadaan ekonomi suatu negara. Mereka melakukan analisa suku bunga yang berlaku dan indeks harga konsumen.

Salah besar jika Anda berinvestasi hanya karena ikut-ikutan tren apalagi tidak paham pondasinya.

4.Timing Adalah Kunci

Aset kripto memiliki volatilitas yang tinggi yang menyebabkan harga naik dan turun dengan cepat. Anda harus mempunyai timing yang tepat untuk membeli dan menjual aset kripto agar mendapatkan keuntungan yang optimal. 

Anda harus menganalisis secara fundamental dengan mengikuti berita dan kabar dari aset kripto yang ingin dibeli atau dijual. Analisa teknikal juga sangat berguna untuk mendapatkan waktu jual dan beli yang tepat. 

Source: Freepik.com

Memulai berinvestasi aset digital memanglah perlu dipersiapkan. Terlebih lagi bagi yang masih pemula pastinya membutuhkan kemudahan dalam berinvestasi. Tenang, Coinjoss dengan fitur OTC (Over the Counter) membantu untuk memulai berinvestasi aset kripto. 

Wajib diingat jika berinvestasi di aset digital bisa membuat kaya dalam satu malam, tapi juga bisa membuat bangkrut seketika. Perhatikan setiap risiko dan persiapkan segala hal untuk meminimalisir risiko tersebut dan  dapat meraup cuan yang optimal.

Pada akhirnya, ingatlah bahwa mata uang digital adalah area yang sangat spekulatif. Tidak semua orang menjadi jutawan dengan cara investasi aset digital. Banyak juga yang rugi habis-habisan. 

Baca : Cara mudah jual beli Cryptocurrency, Newbie pun Bisa

Berinvestasi dalam ruang ini berarti mengambil risiko. Oleh sebab itu, mempelajari seluk beluknya dengan serius dan tidak asal “mengikuti tren” akan membantu diri Anda terhindar dari kesalahan dan kerugian yang tidak perlu.

2 Comments
Leave a Reply