,

Cara Kerja Penggunaan E-Wallet Untuk Aset Digital Anda

Pada umumnya semua orang memiliki dompet untuk menyimpan uang mereka. Dengan dompet atau wallet, uang tidak akan tercecer dan berserak di berbagai tempat serta memudahkan orang untuk melakukan transaksi. Begitupun dengan e-wallet atau dompet digital yang berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan uang elektronik dan bertransaksi. Lalu seperti apa cara kerja penggunaan e-wallet sebagai tempat penyimpanan aset digital yang berupa cryptocurrency? Yuk simak artikel ini hingga tuntas.

Source : www.freepik.com/teravector

E-wallet atau dompet elektronik menjadi gaya hidup baru, yang disadari ataupun tidak sudah sering digunakan oleh masyarakat di sekitar kita. Uang dalam e-wallet biasa disebut dengan saldo. Saldo virtual yang pada umumnya masyarakat miliki berada dalam sebuah aplikasi dan digunakan untuk pembayaran transportasi, belanja makanan, hingga transaksi marketplace. 

Begitu juga dengan aset digital yang dapat berupa uang crypto (Bitcoin, EOS, Ethereum, dan sebagainya). E-wallet pada dasarnya mirip dengan dompet fisik pada jaringan cryptocurrency. Wallet tersebut mengandung kunci pribadi yang memungkinkan pengguna untuk membelanjakan mata uang digital pada blockchain.

Baca : Cara mudah jual beli Cryptocurrency, Newbie pun Bisa

Setiap wallet cryptocurrency dapat menampilkan jumlah total dari semua uang digital yang dimiliki dan memungkinkan untuk membayar jumlah tertentu kepada pengguna lain, sama seperti dompet sesungguhnya. Hal ini berbeda dengan kartu kredit yang membebankan tambahan biaya bagi pengguna saat digunakan. Hal tersebut setidaknya menjelaskan secara sederhana cara kerja penggunaan e-wallet.

Karena e-wallet cryptocurrency berbentuk koin digital, maka dompet crypto dirancang khusus agar aset crypto dapat disimpan dengan sangat aman. Keamanan dompet aset digital merupakan pertimbangan penting bagi pengguna. Peretasan rekening secara ilegal dapat mengakibatkan pengguna kehilangan cryptocurrency mereka. Pada prinsipnya blockchain wallet memiliki tiga tingkat keamanan yang menjadikan e-wallet aset digital terbaik. Tiga tingkat keamanan dapat dijelaskan pada uraian berikut ini :

Tingkat 1

Tingkat Keamanan 1 dirancang untuk mencegah pengguna utama kehilangan akses akun. Hal ini memungkinkan pengguna untuk memverifikasi alamat email mereka, membuat frase pemulihan cadangan 12 kata yang dapat digunakan jika kata sandi dilupakan, dan mengatur petunjuk kata sandi (sebagai catatan blockchain tidak menyimpan kata sandi).

Level 2

Tingkat Keamanan 2 didesain untuk mencegah pengguna lain mendapatkan akses ilegal atau tidak sah ke dompet pengguna utama. Hal ini termasuk mencegah peretasan kata sandi ke nomor telepon pengguna lain saat akan memasuki akun (sign in) dan membuat otorisasi dua langkah.

Level 3

Tingkat Keamanan 3 memungkinkan pengguna utama untuk memblokir permintaan TOR. TOR adalah jaringan server global yang memungkinkan pengguna lain merutekan lalu lintas web melalui banyak komputer dengan tujuan melacak asal-usul pengguna utama. Meskipun TOR digunakan secara sah, TOR dapat digunakan untuk tujuan jahat dengan meretas ke dalam dompet digital secara anonim.

Sebelum memahami lebih lanjut cara kerja dompet cryptocurrency, sangat penting untuk memahami konsep kunci publik dan pribadi yang disimpan di blockchain untuk sebuah transaksi. Kunci-kunci ini pada dasarnya adalah pasangan nomor yang tidak identik. Satu kunci dalam suatu transaksi dapat dibagikan dengan siapa saja (kunci publik) dan kunci lainnya bersifat rahasia (kunci pribadi).

cara kerja penggunaan e-wallet
Source : www.freepik.com/ starline

Baca: Mengenal Sistem Kerja Blockchain

Banyaknya pengguna lain yang memiliki kunci-kunci ini bukanlah suatu hal mengkhawatirkan, untuk membuka kunci dompet digital pengguna utama. Wallet pengguna utama dapat terbuka jika hanya secara akurat kunci pribadi dipasangkan dengan kunci publik.

Setelah wallet dapat dibuka dengan dua kode kunci yang akurat, pengguna dapat melihat apa yang tersimpan di dalamnya. Dengan cara yang sama, ketika kunci publik dan privat digunakan dalam transaksi yang sesuai, pengguna utama dapat memvisualisasikan nilai aset digital mereka (Bitcoin, token ICO, dan lainnya)  yang berada di dalam dompet.

Untuk mengenal e-wallet cryptocurrency lebih lanjut, terdapat 4 jenis dompet digital yang tersedia untuk para pengguna :


1. Dompet Perangkat Lunak: Dompet digital jenis ini adalah perangkat lunak yang dapat dipasang pada komputer atau perangkat seluler pengguna.. Penyedia dompet memberikan kontrol penuh kepada atas mata uang digital yang dimiliki. Sebagai catatan : untuk pemula hal ini mungkin terasa sulit untuk mempertahankannya.

2. Dompet Perangkat Keras: Dompet digital ini menyimpan kunci pribadi pengguna utama di perangkat perangkat keras (seperti USB). Dompet ini memiliki kompatibilitas dengan beberapa antarmuka web dan menawarkan dukungan untuk beberapa cryptocurrency.

Untuk menggunakan jenis dompet ini, pengguna harus menghubungkannya ke perangkat yang mendukung jaringan internet atau secara online untuk memasukkan pin dan melakukan konfirmasi. Karena semua koin disimpan secara offline, dompet perangkat keras adalah opsi dompet teraman yang tersedia. Namun resiko besar muncul, ketika pengguna utama kehilangan dompet keras tersebut.

3. Dompet Kertas: Untuk dompet digital ini, pasangan kunci (publik dan pribadi) dihasilkan menggunakan aplikasi perangkat lunak dan kemudian dicetak sebagai bukti transaksi. Dompet kertas umumnya bekerja dengan dompet perangkat lunak untuk pembelian dan penjualan dana. Proses sweeping digunakan untuk mentransfer mata uang yang melibatkan pemindaian kode QR dan menambahkan kunci secara manual. 

4. Dompet Web / Hosted: Jenis dompet digital ini di-host kan secara online oleh pihak ketiga. Dompet blockchain ini terlihat dan terasa lebih seperti aplikasi / platform dan dapat lebih mudah digunakan. Karena mereka di-host oleh pihak ketiga, pengguna harus menganalisis dan mempertimbangkan keamanan yang pihak ketiga gunakan untuk memastikan bahwa mereka memiliki sistem yang aman untuk melindungi bitcoin mereka.

Coinjoss masuk dalam kategori ini. Coinjoss menyediakan dompet uang digital atau e-wallet yang mendukung semua cryptocurrency dalam kuasa penuh pengguna utama, dengan satu kata sandi / kunci. Dompet digital Coinjoss akan terhubung dengan lancar ke bursa Coinjoss untuk memudahkan kegiatan perdagangan. Selain aman, dompet digital Coinjoss juga dapat menggabungkan layanan pertukaran cryptocurrency dengan pasar untuk pembelian barang, pembayaran layanan, dan banyak lagi kegunaan lainnya.

Segera buka e-wallet Coinjoss guna mendapatkan kemudahan, keistimewaan, dan keamanan aset digital terbaik anda.

Leave a Reply