Apa itu Whitepaper dan Pentingnya Dipelajari Sebelum Join Initial Coin Offering (ICO)

Dalam beberapa tahun belakangan ini, teknologi blockchain dan keuangan terdesentralisasi mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat. Bahkan hampir setiap hari ada proyek blockchain baru yang muncul dan mengajak orang untuk berpartisipasi di dalamnya. 

Ketika ada blockchain atau cryptocurrency baru di pasar, kita akan sering mendengar istilah ‘whitepaper’. Meskipun sering disebut tetapi tidak banyak orang yang memahami apa itu whitepaper. Padahal, pengetahuan tentang whitepaper ini sangat penting terutama bagi Anda yang tertarik bergabung dengan ICO (Initial Coin Offering).

Apa itu Whitepaper dan Pentingnya

Whitepaper sangat populer dalam dunia cryptocurrency tetapi sebenarnya whitepaper sudah ada sejak lama, tepatnya sekitar 100 tahun lalu. Whitepaper digunakan pertama kali dalam pemerintahan Inggris. Pada saat itu, whitepaper bertujuan untuk menginformasikan kepada publik tentang keputusan penting yang dibuat oleh lembaga pemerintah.

Namun, seiring berjalannya waktu, whitepaper lebih dikenal dalam cryptocurrency. Banyak orang menggunakan whitepaper untuk memberi tahu investor tentang proyek crypto, apa tujuannya, teknologi di baliknya, dan bagaimana hal itu lebih unggul dibanding pesaing lainnya.

Memahami Whitepaper dalam Cryptocurrency

Whitepaper adalah dokumen yang dirilis oleh pengembang untuk menjelaskan tentang proyek cryptocurrency mereka. Setiap aset kripto memiliki whitepaper yang berisi semua informasi tentangnya. Ini berisi kinerja historis dan data lain seputar cryptocurrency yang mereka kerjakan.

Terlepas dari informasi, whitepaper memberikan legitimasi dan pandangan profesional untuk proyek crypto. Pada dasarnya, whitepaper merupakan proposal yang berisi siapa, apa, kapan, dan mengapa investor harus memilih proyek itu daripada yang lain. Data dalam whitepaper bertujuan untuk meyakinkan calon investor agar berinvestasi dalam cryptocurrency tersebut.

Baca Juga: Kenali Plus Minus Staking Aset Kripto

Whitepaper dianggap sebagai cara yang profesional dan sah dalam memperkenalkan proyek cryptocurrency kepada investor. Whitepaper membantu investor memahami bagaimana proyek ini berbeda dari proyek lain di ruang cryptocurrency. Karena itu, whitepaper sangat penting untuk pengenalan proyek cryptocurrency.

Ada banyak whitepaper cryptocurrency di publik, tetapi yang paling terkenal adalah  ‘Bitcoin :A Peer-to-Peer Electronic Cash System’. Kepopulerannya membuatnya dianggap sebagai standar emas untuk whitepaper cryptocurrency. Whitepaper ini diterbitkan oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2008.

Leave a Reply